Speed Sensor


Pengertian 
         Sensor kecepatan adalah sebuah sensor untuk mengukur kecepatan pada material/benda yang akan diukur atau diuji. Kecepatan adalah jarak yang ditempuh oleh suatu benda dalam suatu waktu. Sensor kecepatan adalah sensor kecepatan yang memberikan informasi kepada ECM tentang posisi dan perubahan kecepatan sebuah komponen sensor. Kecepatan yang biasa diukur dalam satuan kecepatan yaitu :
1. Meter per detik dengan simbol m/detik
2. Kilometer per jam dengan simbol km/jam atau kph
3. Mil per jam dengan simbol mil/jam atau mph
4. Knot merupakan singkatan dari nautical mile per jam
5. Mach yang diambil dari kecepatan suara. Mach 1 adalah kecepatan suara.
6. Kecepatan cahaya atau disebut juga sebagai konstanta cahaya dinyatakan dengan simbol C         

Karakteristik speed sensor
 
-Tacho Generator
Sensor yang sering digunakan untuk sensor kecepatan angular adalah tacho generator. Tacho generator adalah sebuah generator kecil yang membangkitkan tegangan DC ataupun tegangan AC. Dari segi eksitasi tacho generator dapat dibangkitkan dengan eksitasi dari luar atau imbas elektromagnit dari magnit permanent.

Tacho generator DC
Tacho generator DC dapat membangkitkan tegangan DC yang langsung dapat menghasilkan informasi kecepatan .

Kelebihannya:
-sensitivitas tacho generator DC cukup baik terutama pada kecepatan 
tinggi.
-memiliki kutub-kutub magnit yang banyak sehingga dapat menghasilkan                                            tegangan DC dengan riak gelombang yang berfrekuensi tinggi sehingga mudah diratakan.
- diperolehnya informasi dari arah putaran.

Kelemahannya:
-Sikat komutator mudah habis

-Jika digunakan pada daerah bertemperatur tinggi, maka magnet permanent akan mengalami kelelahan,sehingga, tacho generator sering dikalibrasi.
-Peka terhadap debu dan korosi

Tacho generator AC
 Tacho generator AC berupa generator singkron, magnet permanent diletakkan dibagian tengah yang berfungsi sebagai rotor. Sedangkan statornya berbentuk kumparan besi lunak. Ketika rotor berputar dihasilkan tegangan induksi di bagian statornya. Tipe lain dari tacho generator AC adalah tipe induksi, rotor dibuat bergerigi, stator berupa gulungan kawat berinti besi. Medan magnet permanent dipasang bersamaan di stator. Ketika rotor berputar, terjadi perubahan medan magnet pada gigi yang kemudian mengimbas ke gulungan stator.
-Kelebihan:
Kelebihan utama dari tacho generator AC adalah relatif tahan terhadap korosi dan debu,

- Kelemahan:
kelemahannya adalah tidak memberikan informasi arah gerak.
  • Prinsip Kerja 
       Proses penginderaan sensor kecepatan merupakan proses kebalikan dari suatu motor, dimana suatu poros/object yang berputar pada suatui generator akan menghasilkan suatu tegangan yang sebanding dengan kecepatan putaran object. Kecepatan putar sering pula diukur dengan menggunakan sensor yang mengindera pulsa magnetis (induksi) yang timbul saat medan magnetis terjadi.


Aplikasi Speed sensor pada anti-lock break system (ABS)
Berfungsi untuk memperoleh informasi tentang kecepatan masing-masing roda, informasi ini diperlukan agar sistem dapat mengetahui roda mana yang sedang akan terkunci. Speed sensor ini dapat terpasang terpasang pada setiap roda, atau ada juga yang dipasang pada diferensial.masing-masing roda agar menghindari roda terkunci.
 

Sumber:






Komentar

  1. Play N Play Pokies Games - xn--o80b910a26eepc81il5g.online
    Play Play N Play Pokies 카지노 Games - xn--o80b910a26eepc81il5g.online - The 메리트 카지노 쿠폰 most recent addition to the growing collection of online casino หาเงินออนไลน์ sites from

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download all (34) Pokemon games ROMS (NDS GBA GBC)

Inazuma Eleven 3: Sekai Heno Chousen The Ogre! (French Patched) DS ROM