Cara melakukan Dual Booting



Pada tutorial kali ini akan menjelaskan tentang tips dan cara melakukan dual booting.Mungkin dari kalian sudah tahu apa itu dual booting dan sudah banyak tutorial yang memberikan cara untuk dual booting.Di tutorial ini juga akan membahas cara untuk menginstal linux manjaro.Linux ini adalah linux turunan dari linux arch.Linux ini berbeda dari yang lain karena linux ini tidak melakukan penginstalan OS baru untuk memperbarui sistem OS namun dari developer menyediakan update berupa paket yang akan release setiap harinya.Untuk melakukan dual booting ini kalian  harus memenuhi syarat berikut.
1.      Kalian harus punya OS linux manjaro atau OS lain yang kalian sudah tahucara penginstalannya.
2.      Media untuk melakukan penginstalan OS,disini saya menggunakan OS yang sudah di bootable dengan OS linux manjaro.
3.      Persiapkan backup file penting dari PC/laptop kalian jika terjadi kesalahan dalam melakukan penginstalan atau ketika melakukan partisi hardisk.


·         Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah melakukan partisi hardisk yang akan kalian gunakan untuk penginstalan OS.Klik kanan pada menu start dan pilih “Disk Management”.



·         Selanjutnya,lakukan partisi pada hardisk yang akan kalian gunakan.Disarankan agar ukuran hardisk yang dipartisi tersebut memiliki sisa kapasitas yang besar.Klik kanan pada hardisk yang akan dipartisi dan pilih menu “Shrink Volume”.Jika pada hardisk berjenis MBR maka hardisk yang berjenis primary tidak bisa dipartisi lebih dari 3.Untuk mengatasi hal ini,kalian perlu mengkonvert jenis hardisk yang digunakan hanya untuk menyimpan data dari primary menjadi logical dengan software EaseUS Partition Master yang bisa kalian cari di google.

·         Selanjutnya atur ukuran partisi hardisk yang akan dipakai untuk OS dual boot.

·         Jika sudah selesai proses mempartisinya,lakukan restart pada PC/laptop.Lalu masuk menu bios dan pilih menu untuk booting flasdisk.



·         Selanjutnya akan masuk ke penginstalan OS linux manjaro.Pilih menu install pada icon di dekstop

·         Pilih bahasa yang sesuai yang diinginkan lalu klik next.

·         Pilih tempat dan zona waktu kalian saat ini lalu klik next

·         Pilih format keyboard yang akan dipakai lalu klik next

·         Selanjutnya lakukan partisi hardisk,karena kita akan melakukan dual boot maka pilih “Manual Partition”

·         Selanjutnya pilih partisi hardisk yang kosong dan pilih “create”

·         Selanjutnya akan ada tampilan untuk mengatur jumlah hardisk yang akan dipakai dan jenisnya.Disini saya langsung menggunakan partisi kosong tersebut untuk instal OS.Jika kalian ingin mengatur partisi seperti partisi SWAP dll.Kalian bisa cari cara nya digoogle serta kegunaannya.


·         Selanjutnya klik next dan akan ada tampilan untuk mengisikan nama user,nama pc,dan password untuk perijinan penginstalan admin.selanjutnya klik next


·         Lalu akan ada proses penginstalan ,tunggu hingga selesai


·         Jika sudah selesai klik quit,maka laptop/PC akan melakukan restart

·         Dan selanjutnya PC kalian sudah bisa berhasil digunakan sebagai dual boot
  

Oke itu saja dari saya bila ada yang ingin ditanyakan bisa ditulis dikolom komentar.
Sekian dan terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download all (34) Pokemon games ROMS (NDS GBA GBC)

Inazuma Eleven 3: Sekai Heno Chousen The Ogre! (French Patched) DS ROM

Yu-Gi-Oh! ARC-V Tag Force Special (English Patched) PSP ISO