Sharing data antara Ubuntu (Virtualbox) dan Windows (OS utama)



Pada artikel kali ini kita akan melakukan sharing data antara Ubuntu yang diinstal pada virtualbox dengan windows yang merupakan OS utama.Pada sharing data ini tidak menggunakan koneksi network,jadi tidak perlu adanya setting sharing network.Cukup perlu adanya instalasi software  khusus pada ubuntu agar OS ubuntu di virtualbox ini bisa melakukan sharing data secara 2 arah. Oke langsung saja ke tutorial.
1.         Pertama kalian harus sudah menginstal OS ubuntu pada virtualbox.Jika belum menginstal maka instal dulu
2.       Selanjutnya buat folder baru untuk sharing data pada windows explorer kalian.Beri nama sesuai keinginan kalian.Disini,folder untu sharing data saya bernama “Sharing Bang” 

3.       Setelah itu,buka virtualbox dan lakukan pengaturan pada OS ubuntu.

4.       Pada menu sharing folder,tambahkan folder yang tadi telah dibuat.Berikan cecklist pada menu “kaitkan otomatis”,lalu klik ok 

5.       Setelah itu jalankan ubuntu pada virtualbox

6.       Jika ubuntu sudah terjalankan.Pada langkah selanjutnya kalian perlu menginstal Virtualbox Guest Addition terlebih dahulu sebagai syarat untuk menjalankan sharing data dan hal lainnya.Jika sudah terinstal,restart OS 

7.       Buka aplikasi terminal pada ubuntu.Aplikasi ini bisa kalian cari di menu search.

8.       Setelah itu,ketikan ‘sudo adduser “nama username OS kalian” vboxsf’ (tanpa tanda petik).Setelah itu masukan password OS ubuntu kalian lalu ketikan ‘sudo reboot’.Maka OS kalian akan merestart.

9.       Jika sudah merestart OS ubuntu kalian,masuk ke menu home folder > file system > folder media.Maka akan terlihat folder sharing yang telah kalian buat tadi dengan nama “sf_nama_folder”.

10.    Untuk mengetes apakah bisa dilakukan sharing data,kalian dapat membuat file dari ubuntu.Contohnya saya membuat file bernama ”Makan bang”.


Untuk mengeceknya,kalian bisa masuk ke windows explorer > folder yang kalian buat untuk sharing data.Jika berhasil amak file kalian yang telah dibuat di ubuntu akan ada juga di folder di windows.



Itu saja tutorial dari saya,semoga bermanfaat.Jika ada kritik dan saran bisa komendibawah ya.Sekian dari saya dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download all (34) Pokemon games ROMS (NDS GBA GBC)

Inazuma Eleven 3: Sekai Heno Chousen The Ogre! (French Patched) DS ROM

Yu-Gi-Oh! ARC-V Tag Force Special (English Patched) PSP ISO