Instalasi Debian pada Virtualbox



Dari artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang instalasi OS linux yang lain yaitu Ubuntu linux.Pada kesempatan kali ini kita akan membahas instalasi OS debian.Pada OS debian ini adalah OS basic linux dari semua OS linux yang telah dibuat.Pada OS debian ini memiliki dua tampilan yaitu tampilan yang berbasis pada pemrograman dan tampilasn yang berbasis GUI.Pada artikel ini kita akan menginstal pada tampilan pemrograman.Oke langsung saja ke tutorial.
1.        Pertama kalian harus memilki OS debian,OS ini dapat didownload di situs resmi dari debian dengan ukuran sekitar 700MB untuk 64 bit karena kita akan menggunakan OS yang 64 bit.
2.       Selanjutnya kalian buka virtualbox dan klik menu baru.Maka akan muncul kotak dialog untuk memasukan nama OS yang akan kalian instal dan jenis OS nya,disini kita pilih OS nya linux dan versinya yaitu versi Debian 64 bit.Selanjutnya klik lanjut


3.       Selanjutnya kalian akan diahadapkan pada kotak dialog untuk mengatur memori ram,hardisk yang akan digunakan,tipe berkas hardisk,lokasi dan ukuran berkas.Langsung klik lanjut saja karena pada virtualbox sudah memperlirakan ukuran dan jenis tipe berkas yang akan digunakan.

4.       Langsung saja klik mulai jalankan debian

5.       Selanjutnya kalian akan disuruh untuk memasukan file ISO debian yang telah kalian download tadi.

6.      Lalu kita bisa mulai instalasi debian jika sudah ada tampilan seperti gambar dibawah ini.Pada pilihan dibawah ini kita pilih menu instal.

7.       Selanjutnya kalian akan masuk pada menu untuk memasukan bahasa yang digunakan.

8.       Pada menu selanjutnya kalian perlu memasukan lokasi kalian saat ini.Pilih other lalu pilih asia.Lalu pilih negara kita yaitu Indonesai bagi yang ada di Indonesia.


9.      Pada configure local pilih United States

 
10.    Pada pilihan untuk menggunakan keyboard yang diguanakan,pilih American English.

11.      Setelah itu tunggu proses hingga selesai meload file isonya.

12.    Selanjutnya,masukan nama server address,hostname,nama domain(pada domain OS ini berikan ekstensi terakhir contoh .com,.net dll),OS debian kalian.

13.     Masukan password root yang akan kalian pakai pada OS debian kalian.


14.    Masukan nama pengguna dan password user

15.    Pilih daerah waktu sesui dengan daerah yang kalian tempati saat ini. 

16.    Tunggu proses lagi

17.     Lakukan partisi hardisk jika kalian inginkan.Namun pada artikel ini tidak melakukan partisi hardisk dan memilih ”All file in one partition” karena OS ini hanya untuk simulasi.Lalu klik finish partition.

18.      Tunggu proses instalasi hingga selesai

19.    Selanjutnya ketika proses instalasi berjalan terdapat konfigurasi package manager.Pada pilihan lokasi pilih negara sesuai dengan negara kalian.Lalu pada Debian archieve mirror pilih go back.Pada notifikasi  pilihan lokasi negara tadi pilih go back.


20.  Selanjutnya akan ada tampilan kotak dialog “Continue without a network mirror?”
Maka kalian pilih yes untuk mempersingkat waktu penginstalan
21.    Pada proses instalasi akan ada pilihan menu untuk survey dan utilitas file yang akan diinstal.Pada survey kalian pilih no.Dan pada utilitas file,karena hanya ada satu pilihan maka pilih pilihan tersebut.

22.   Tunggu proses instalasi,jika ada notifikasi untuk penginstalan file,instal saja.

23.   Akan ada tampilan seperti gambar dibawah ini ketika isntalasi sudah selesai.Selanjutnya kalian klik continue.dan tunggu proses booting 

24.   Setelah restart maka ada tampilan  pemilihan GNU Linux Debian.
25.   Selanjutnya akan masuk ke tampilan GNU Debian


Oke,itu saja artikel dari saya.Bagi kalian yang ingin lebih punya gambaran bagaimana cara penginstalannya kalian bisa request videonya .Sekian dan terima kasih.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download all (34) Pokemon games ROMS (NDS GBA GBC)

Inazuma Eleven 3: Sekai Heno Chousen The Ogre! (French Patched) DS ROM

Yu-Gi-Oh! ARC-V Tag Force Special (English Patched) PSP ISO