Instalasi Raspberri pi OS di Virtualbox


Pada Tutrioal kali ini saya akan menshare tentang cara untuk menginstalasi OS raspberry pi pada virtualbox.OS ini adalah OS yang ditujukan khusus untuk perangkat mini komputer yaitu raspberry pi. Raspberry Pi, sering disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (single-board circuit; SBC) yang seukuran dengan kartu kredit yang dapat digunakan untuk menjalankan program perkantoran, permainan komputer, dan sebagai pemutar media hingga video beresousi tinggi. Raspberry Pi dikembangkan oleh yayasan nirlaba, Rasberry Pi Foundation, yang digawangi sejumlah pengembang dan ahli komputer dari Universitas Cambridge, Inggris.
Untuk menjalankannya kita butuh OS,yaitu OS untuk raspberry pi yang mana dibuat dari OS debian yang dibuat khusus untuk raspberry pi.Dengan OS ini kita dapat mengakses,mengotak -atik,dan melakukan banyak hal pada Raspberry pi.
Ok langsung saja kita menuju tutorialnya.
1.      Pertama-tama kalian harus mempunyai OS raspberri pi yang bisa kalian download diweb resminya.

2.      Selanjutnya buka virtualbox yang sudah kalian instal.

3.      Lalu klik menu baru pada virtualbox,maka akan ada tampilan untuk mengisikan nama OS,pilihan tipe OS yang akan kalian instal dan versinya.Untuk tipenya kita pilih “linux” dan versinya kita pilih “other linux (32 bit)”.Lalu klik lanjut.

4.      Setelah itu pada menu ukuran memori disini secara default akan memberikan ukuran memori sebesar 256 MB.Namun pada tutorial ini saya naikan memori RAMnya menjadi 512 MB untuk berjaga-jaga jika OS tidak dapat dijalankan.Lalu klik lanjut

5.      Setelah itu langsung klik lanjut pada menu hardisk,tipe berkas hardisk,penyimpan hardisk,dan lokasi ukuran berkas.

6.      Selanjutnya akan terlihat profil OS yang telah dibuat untuk OS raspberri pi

7.      Setelah itu klik mulai dan akan menjalankan profil OS yang selanjutnya kalian perlu memasukan file OS raspberri pi yang telah kalian download.Lalu klik mulai

8.      Selanjutnya virtualbox akan menjalankan file OS tersebut.

9.      Tunggu proses instalasi hingga selesai.


10.  Jika instalasi sudah selesai maka tampilannya akan seperti dibawah ini.


Oke itu saja tutorial dari saya.Jika ada kritik dan saran bisa komen dibawah.
Sekian dan terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download all (34) Pokemon games ROMS (NDS GBA GBC)

Inazuma Eleven 3: Sekai Heno Chousen The Ogre! (French Patched) DS ROM

Yu-Gi-Oh! ARC-V Tag Force Special (English Patched) PSP ISO